this is not the guns n’ roses’s songs (taken from appetite of destruction album). dibaca sebagai kereta malam (night-train), bukan hujan malam (night-rain) dan hentikanlah prolog engga penting ini! alasan-alasan mengapa gW naik kereta malem adalah keretanya jalannya malem (lho?!), begonya gini : gW ga pengen aja siang gW diabisin di jalan kecuali kalo terpaksa, dan malem, saat orang-orang tertidur dan beristirahat itulah saat yang enak buat jalan dan dihabiskan di kereta, nah?! satu dua pulau terlampaui sekali dayung kan? meskipun efeknya kerasa pas udah nyampe di tempat tujuan (train lag edan!) apalagi kalo naik KA-ekonomi ~mahasiswa boss, traveler gembel pula!!~
dan pengalaman gW naik KA-ekonomi yang paling sering adalah jarang dapet tempat duduk! FYI : KA-ekonomi di Indonesia kita ini sudah mengalami perbaikan pelayanan dengan diberlakukannya sistem nomer bangku yang tertera pada tiket masing-masing, jadi kalo mau dapet bangku pesenlah tiket jauh-jauh jam (KA-ekonomi tiketnya gak bisa dibeli pada H-sekian) dan apabila apes-apesnya engga dapet bangku, berimanlah pada calo! harga tiket hanya berbeda 2-3ribu rupiah! tu pengalaman gW dari stasiun kircon pas otw mau ke jGj sama uWie-uLie, sok meyakinkan diri kaga beli tiket di calo dan keukeuh ngantri peron dan beriman bakalan dapet bangku. iye! dapet bangku, tapi dapetnya di samping pintu keluar (untung bukan seberangannya toilet!) dan masih tetap bisa tidur nyaman walaupun di stasiun-stasiun gede mesti ngalahin buat berdiri karena ada orang yang mau keluar atau penjual yang maksain masuk (hoiii! kalian nginjek-nginjek koran singgasana duduk gW!)
seinget gW, belom pernah gW secara mengenaskan kaga dapet tempat duduk di KA sampe berdiri dari stasiun dimana gW berangkat sampe stasiun dimana gW turun. paling jauh tu berdiri dari gB-tSm pas mau daftar SPMB dulu, tu juga gantian ama bocah yang mau daftar SPMB di ITENAS. atau kalo emang udah mengenaskan sekalian, tidur aja di lantai kereta kayak perjalanan ke bKs pertama kali, yang gW tiduran di lantai berbantalkan karung beras penumpang sebelah gW, rela aja dilewatin (baca:dilangkahin!) penjual-penjual yang lalu-lalang. keitung nyaman, tapi resiko setelahnya : perut kembung, dan gW muntah-muntah begitu turun dari angkot, diketawain anak-anak, trus disangka orang baru balik dugem sama tukang ojek yang mangkal di depan rumahnya indar. tidur di kolong bangku? belom kepikiran! dan jangan sampai! mending pesen tiket jauh-jauh sebelum jam keberangkatan!
kereta bisnis…
belom pernah kepikiran buat beli tiketnya, paling banter bayar di atas (bayar kereta tanpa tiket), pernah sesekali, tu juga modal nekad ama modal rame-rame. begundal yang gW kenal biasa bayar di atas tu pavel! kK angkatan gW, dia nurunin ilmunya sama temen2 gW kayak bayu, kodok, dkk. gW sendiri? masih belom ada nyali, berani aja! asal ditemenin! (gW kan warga negara yang baik! hehehe..) tips buat tempat paling aman kalo bayar di atas tuh di bordes sambungan kereta, tinggal selipin aja duit sepuluh ribuan, atau limabelas ribuan berdua. atau kalo mau lebih beruntung lagi pas kereta berenti di stasiun dimana kondektur narikin tiket! kondektur mundur, kita tinggal turun dan maju ke gerbong depannya. biasanya pas di stasiun cirebon! dan kita bebas bayar tiket, berlaku buat kereta apa aja kecuali KA eksekutip.! kalo ke barat dari pWt biasa ditarikin di cirebon en sekitar bekasi (gW lupa stasiun apaan!) kalo ke timur (jGj) biasanya ditarikin cuma sekali di wates (kepikiran sekali2 mudik gB naik KA gratis!).
kereta eksekutif…
baru bisa ngiler ngeliatnya! belom pernah kesampaian naik eksekutip! tiketnya mahal boo! next aja dah kalo gW dah jadi ‘orang’! gW beli se-gerbong en masinis-masinisnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar