26 Juni 2011

12 april 2011 – lihatlah bulan yang sama

gW lupa cerita terakhir gW sampe mana, dan masih kudu nentuin tempat paling pewe buat ngetik, kelambu ini bikin tempat gW tidur jadi makin panas! ~bentar gW liat dulu catetan terakhir gW~
oke, ini adalah camp kedua setelah malam-malam di camp pertama yang mengenaskan (coba elo bayangin, engga ada piring dan sendok buat makan! apa aja yang bisa dipake wadah = gayung, baskom sampe ember dipake buat makan, sendok pake tangan dan panasnya bukan main pas nyendok nasi, tenda engga memadai buat tidur = tenda yang fungsi aslinya buat naroh bahan makanan dipake buat merem 13 anak, dan air pun jarang, ada juga kubangan! keperluan buat minum, masak dan lainnya berasal dari sumber yang sama, dan bagusnya beberapa temen gW terpaksa mandi besar paginya...)
perjuangan (baca : penderitaan) belum berhenti sampe disitu, besoknya mesti jalam ke camp yang hari ini gW tempatin. karena malemnya ujan, gW mesti lewat jalan logging yang berlumpur mampus, persediaan air nyaris dibilang engga ada, ada pun uda keburu abis di tanjakan pertama, dan perlu diketahui saudara saudara, di papua itu engga ada pohon kelapa sama pohon pisang. bandingkan dengan karangsambung yang kalo haus laper tinggal minta warga metikin kelapa, sepuluh ribu sepuluh biji.
sungaipun nyaris ga ada karena kita naik gunung (baca : elevasi tinggi, turunnya udah bisa disebut turun tebing). bersyukurlah karena di atas ada terpal yang ga tau sengaja ditinggal atau gimana yang udah keisi tampungan air ujan semalem, gW bisa minum! J
buat nyampe ke camp ini, gW mesti lewat sungai tuaba yang ~katanya~  banyak buayanya. engga ada jembatan dan gW mesti lewat jembatan batang pohon yang ditumbangin pake chainsaw (besoknya bikin jembatan lagi, semalem ujan deres, air sungai naik dan ngehanyutin jembatan batang pohon, sempet khawatir karena air udah tinggal 10 meteran dari camp gW tidur dan sesek-sesekan)
pertama gW sampe ke camp ini yang orang sebut camp L*Pl, gW speechless banget! beda banget pokoknya ama camp malem pertama gW, yang orang sebut camp BAMA ato camp mata jalan dan gW mikir kayanya gW bakal betah kalo sebulan dua bulan tinggal disini. di camp ini, ada dua tenda utama. satu tenda buat tidur geos sama karyawan lokal, satu lagi dapur umum buat masak. desainnya model panggung, ada dua tempat tidur, satu model papan, satunya lagi model weld bag/karung yang diiketin ke batang pohon dan dibuat kaya model tandu dengan kelambu di atasnya, dan malem ini gW nyicip tidur di atasnya. gW taruhan kasur gW di kontrakan kalah sama kasur model gini.!
pelayanan disini memuaskan, begitu gW dateng semua makanan dan cemilan keluar mulai dari kopi dan biskuit-biskuit. gW sampe sini siang dan disuguhin makan siang pake daging rusa! (kalo mau tau rasanya, mirip banget ama sapi, tapi rusa lebih empuk dan teksturnya lebih kasar dan berserat). dan gW mikir, kayanya kalo gW udah netep bakalan seasik ini, koordinasi udah lengkap, logistik aman, dan jalanpun nyaman.
dari cerita anak-anak ITB yang udah duluan mapping disini, awal dateng emang kacau, cengo dan kaga ngerti apa-apa. mereka  butuh waktu buat nyesuaiin segalanya yang ada disini mulai dari logistik, koordinasi moving camp, koordinasi tenaga lokal, dan mapping mereka sendiri. thanks banyak buat bora-billy-herwin atas masukannya. seneng banget kayanya liat mereka balik hari ini karena mapping mereka udah kelar.
bagaimana rasanya dua bulan hilang kontak tanpa sinyal? jawab mereka : ga masalah asal kaga stress! kaga dibikin stress tepatnya. Kehilangan banyak berita, gW cengar-cengir aja karena mereka engga tau berita gempa jepang yang ngerembet ampe manokwari dan bikin fukushima daichi meledak, atau kilang minyak cilacap kebakaran, ahmad dhani yang dikirim bom buku atau sampe berita si mulan jameela melahirkan. gW penasaran pas gW balik besok bakalan ada berita apa aja, apa presidennya udah ganti, apa jawa udah merdeka atau gimana...
malem ini malem terang, bulan separo bagus banget dan gW bisa liat bintang-bintang. di tengah perbincangan antara gW ama temen-temen gW yang masing-masing kangen ama ayangnya : yang, elo disana liat bulan kan? mungkin bulan dimata kita yang bisa bikin gue sama elo ngerasa deket, dan ost-nya kambing jantan bermain di kepala gW sampe kemudian : ah! bulan dimata apanya! disana sekarang masih jam lima! dan gW liat jam, disini masih jam tujuh, waktu indonesia barat masih menunjukkan pukul lima sore.
dan saat itu gW pengen elo liat bulan yang sama kaya gW...

Tidak ada komentar: