26 Juni 2011

16 april 2011 – most perfect terrible day!

hotel bkp – wisma pptmb – mushala bandara – mess bintuni – flying camp – hutan. satu kata dan kesan buat yang terakhir, menggiriskan. ~pas gW lagi nulis ini gW lagi diceng-cengin sama anak-anak~, dan nginget yang semalem kejadian pun bikin gW bergidik! merinding dan ga mau ngulang lagi.
pernah kebayang engga, elo tidur di hutan, pakaian basah ~kebayang dinginnya kaya apa~, plus engga ada makanan gara-gara salah memperhitungkan waktu mapping. jadi ceritanya gW kemaren mapping hari pertama, nyoba lintasan terjauh, 5 kilometer dari camp gW, panjang section sungai 2 km. gW satu tim sama denis, ditemenin mas karyo, tenaga lokal yang fungsi aslinya ngebuka jalan ama dropping logistik. berangkat sama padang-meong, dan perlu diketahui, ini adalah papua, bukan jawa yang semua sungainya terpetakan dengan baik, dan kalo ada apa-apa tinggal sms temen terdeket.
cerita pas berangkat adalah si meong yang nyaris masuk jurang, si padang udah nyoba turun tebing, kepeleset dan pegangan sama pohon, dianya udah dapet pegangan mantap dan berdiri, si meong turun dan meluncur, kaki menggantung di tebing, engga ada pijakan, tangan pegangan sepatu boot padang. berteriaklah minta tolong keras-keras dan langsung ditarik naik sama mas karyo.
sungai disini mirip sama green canyon, satu section sungai dibatesin sama tebing tegak tinggi-tinggi, satu saat kalo elo nemu air terjun, mau ga mau elo kudu balik dan muter nyari jalan lain (baca : naik bukit lagi) buat nyari jalan ke sungai di section selanjutnya. pemetaan yang paling baik disini adalah dengan menggunakan perahu/sampan buat ngedeskrip singkapan batuan di kanan dan kiri sungai yang sekali lagi merupakan : TEBING!
udah tengah hari saat gW selesai makan, dan nemu sungai yang harus gW lewatin dengan berenang, mas karyo udah keilangan satu sepatu bootnya dan ngelanjutin jalan dengan satu sepatu, buat mencapai trek tujuan pemetaan harus mencapai jarak 2 km-an, udah engga mungkin berenang lagi, maka kita naik bukit. nyampe di finish turunan bukit udah jam duaan dan udah seperlima jalan, liat sungai isinya melulu endapan sungai, lewat-lewat aja. berhubung balik ke camp gW berangkat 5 km dan ke camp 4 itu 3 km maka gW memutuskan buat lanjut ke camp 4 yang tinggal ke barat beberapa km.
jam udah menunjukkan pukul 4 sore, ujan mulai turun, gW kira sepanjang sungai jalan ke barat isinya melulu bantaran sungai, dan tahukah kawan, tebing menantang di depan muka, engga ada jalan buat ke barat dan stuck! mampus! gW kaga bisa balik, mas karyo udah keburu menggigil. kita udah sempet nemuin tempat buat tidur, tapi mas karyo minta jalan terus, gW coba nyari jalan ke atas, kali aja ada jalan yang ngelilingin tebing, dan ternyata buntu. finally, jam 6 sore itu, gW mutusin buat tidur di tempat yang rada jauh dari sungai, dan atasnya rimbun.
chaos dimulai saat itu, gW saat ini masih ngerasa itu mimpi! swear dingin banget, gW mulai merem sekitar jam setengah 7 malem, dengan bekal makan malem sepotong cokelat yang kebetulan si denis bawa, dan segelas redoxon yang kebetulan juga dibawa ama denis. perasaan tidur udah lama dan liat jamnya denis masih nunjukin jam sembilan. malem tadi rasanya lama, dan bakal jadi malam yang dingin dan panjang, tanpa logistik.
berbagai posisi tidur gW coba, mulai dari berbaring, miring, meringkuk, pegangan tangan sama si denis dan dirangkul dari belakang sama si denis. mas karyo menggigilnya udah rada berkurang, udah gW kasih minyak angin aromatherapy, gW pake tu minyak malah makin dingin jadinya. gW semalem tadi cuma bisa nyebut banyak-banyak, sampe sambil tidur gW cuma bisa nge-lafaz ‘allahu akbar’ sama ‘laa ilaaha ilallah’ dan hampir 2 jam sekali kebangun.
puncak dinginnya malem itu jam 3 pagi, dan gW ama denis uda makin menggigil aja, bawa tidur ajaa... yang gW inget, gW mimpi ada 6 orang, semuanya serba putih nyamperin gW, niat mindahin gW ke camp 4, dan tau-tau camp 4 ada di depan mata gW, lengkap dengan ranjang gantungnya. tapi dari satu 6 orang itu nyadarin gW buat jalan balik ke camp 7 aja, di tengah gW liat camp 4, gW kebangun liat gelap dan setengah sadar kepengen banget ada yang bawa gW ke camp 4, bertanya sambil liat gelap : mana yang mau bawa gW ke camp 4.
lima pagi, gW kebangun dengan masih beratapkan daun dan langit dan beralaskan tanah hutan, ga peduli pacet/lintah, ga peduli banjir, ga peduli babi hutan, yang gW tunggu cuma satu waktu : pagi dateng.
parahnya kita adalah engga bawa parang buat nebas akar rotan yang katanya manis dimakan, ditambah yang namanya hutan papua itu engga ada yang namanya buah-buahan kaya pisang atau kelapa muda kaya di jawa, yang kaya di karsam, kalo kelaparan dan kehausan tinggal minta petikin sama warkamsi dan tinggal bayar 5rebu untuk 8 biji kelapa muda.
sepanjang perjalanan yang sempet diwarnain sama nyasar dan khawatir balik lagi ke tempat awal bangun, cokelat habis, permen habis, redoxon tandas, adem sari pun ikut dihajar,semuanya masuk-masuk aja,  gW terpaksa makan daun muda, adanya jambu liar dan daunnya lumayan sepet-sepet asem gitu. kaki makin lemes ngehajar trek yang terpaksa dipilih buat ngehindarin babi hutan yang wira-wiri di depan kita (untung tu babi larinya ngejauh, bukan ngedeket), makin lemes dan sampe akhirnya kedenger suara orang manggil-manggil orang yang asalnya dari sungai bawah dan arah depan, tu disaat trek nyisa 2 kilometer buat sampe camp dan udah laper mampus.
finally, gW ketemu sama penduduk asli sini yang asli ngedumel sama gW ~yang gW ngeriin mereka evakuasi bawa tombak sama panah~ intinya mereka pesen : jangan elo berani-berani ngehajar hutan papua tanpa didampingin sama orang lokal dan perhatiin jarak-waktu elo jalan. sama pace’ joni gW dipetikin cempedak, walopun mentah tapi lumayan buat ngeganjel perut. kemudian, pak koki sama darmo-purwadi-kabul naik ke bukit tempat gW istirahat, ngeluarin bungkusan isinya nasi. dan ini yang gW tunggu, walopun makan hari itu cuma sama abon dan ikan asin tetep aja berasa surga, mengingat 24 jam lalu gW makan nasi ~puasa aja ga segitunya~
pulang ke camp, setelah diputer-puter sana sini, dan liat muka-muka khawatir temen gW berubah jadi lega, gW lega. feels like home saat gW berada di camp, dengan temen-temen yang nyambut gW, nyuruh gW istirahat dan mandi, semua orang yang gW kenal dan gW bisa makan, hangat dan bukannya tempat asing yang dingin yang kalo di flashback asli bikin merinding...
papua, masih satu setengah bulan gW disini.! mari segera selesaikan!