26 Juni 2011

24 april 2011 – hal yang bisa ditemuin disini dan ga bisa gW temuin di kampung dan kampus

papua, berdasar dari cerita orang-orang yang gW ajak kemaren dari keluarga ayamaru ~yang gW ajakin ngobrol itu kuliah di fisip, dan gW emang sengaja engga nanya kenapa mereka bersedia kerja jadi pelansir bahan makanan!~ saat kita liat daratan papua dari pesawat, mereka bilang papua itu misterius : hutan, pepohonan, sungai, alam. gW juga ditanyain, apa uda ada bayangan seperti apa teluk bintuni saat gW mau dikirim kesini.
gW jawab dengan lancar : gW engga ngebayangin apapun, sengaja engga nyari informasi apapun tentang daerah pemetaan gW selain kondisi geologinya, biar apa yang ada di hadapan gW nantinya yang jadi tantangan gW, dan semoga gW bisa menyesuaikan dengan apa yang ada di hadapan gW. andaikata gW nyari info dulu tentang segala hal yang ada disini, yang gW khawatirin adalah gW jadi paranoid tentang segala yang ada disini, karena ada banyak hal yang gW temuin di disini yang ga bisa gW temuin di jawa.
pertama adalah medan! bukan medan ibukota sumatera utara, disini mobil-mobil berkelas tinggi macam benz, ferrari, ataupun mobil-mobil SUV dan minibus engga bisa lewat, harus mobil tipe ALTO (all terrain off road) yang bebas melibas lumpur maupun aspal, mengingat 350 km gW dari manokwari-bintuni harus bawa mobil plus sopir handal. dan bayangin aja, mitsubishi strada yang gW naikin platnya kuning... hampir semua orang disini punya mobil kalo engga strada ya ranger, kalo engga fortuner ya hi-lux.
berbicara tentang hutan papua, pepohonan yang ada disini masih rapat, biasanya kalo orang mau buah-buahan tinggal panjat, lalu ambil buahnya, atau kalo males pake bambu panjang disambung pake pisau lalu ~kalo istilah orang jawa disengget, gW ga tau bahasa indonesia bakunya diapain~. kebiasaan disini lain, orang mau buah cempedak, tebang pohon cempedak, orang mau matoa, tebang pohon matoa saking kepikiran : pohon-pohon disini engga akan abis! dan kayanya kalo nebangnya bermodalkan parang, dalam sepuluh tahun ke depan engga akan abis deh.
kata orang, disini alam itu kuat! ga boleh sembarangan, aturan itu emang gW akuin berlaku dimanamana, harus masuk suatu daerah mesti kulanuwun. hanya aja disini ada aturan engga boleh sembarang memperlakukan hewan di hutan. ada serangga terbang, mirip lebah madu tapi engga nyengat, dan orang sini sebut itu ‘madu’ yang kalo ngerubungin badan engga boleh dikibas pake baju/topi/daun, kibas aja pake tangan kosong, atau kalo dipites sekalian juga boleh, engga boleh difoto juga. konon kalo difoto bakalan ujan besar, plus guntur menggelegar. gW sih setengah percaya, tapi emang kebukti.. aturan itu juga berlaku buat lintah, beberapa hari kemaren gW ama anak-anak motretin lintah di helipad, malem sama besoknya sehari semalem ujan gede, pas gW liat-liat foto dan diliat sama orang lokal, mereka bilang : pantas saja kemarin seharian hujan, kalian foto lintah.!
berbicara tentang hewan-hewan yang jadi musuh, yang pertama jelas lintah.! ga masalah kalo lintahnya ngelendotin kulit di tangan, kaki, atau leher. yang paling bahaya kalo lintahnya udah masuk mata kaya si abe kemaren, gW kaga ngeliat karena pas si abe kemasukan lintah, gW lagi tidur di tengah hutan belantara. syukurnya tu lintah bisa dikeluarin pake pinset, katanya udah nyaris masuk ke belakang mata ~bayangkan!!~ besoknya si abe parno kalo masalah lintah, tidur pake kacamata, dan baru kemaren kacamatanya pecah keinjek si meong. hewan yang berikutnya yang jadi musuh adalah hewan kecil yang bikin gatel seluruh badan. selalu ada bekas gatel baru setiap paginya di tubuh setiap bocahan yang ada disini mulai dari tangan, kaki, perut, sampe selangkangan.. kita sepakatan bilang kalau gatel itu disebabkan oleh KUTU-KAN MALEO, obatnya gampang, kalo udah gatel tinggal olesin balsem atau basuh aja pake deterjen. abis itu bekas bentol merah bakal berubah membekas jadi biru lalu item, moga aja bisa ilang.
hewan lainnya adalah babi hutan, tapi gW belom ketemu yang sampe ngejar ~jangan sampai!!~ paling baru ketemu yang lari ngejauhin gW, kata orang sini kalo babi ketemu sama manusia, mereka bakal lari ngejauh kecuali kalo babi yang baru beranak, sensitif bukan main! (terakhir gW nemu sarang babi pas nyari jalan pulang pas malemnya gW tidur di hutan, isi anaknya puluhan, dan ga pengen ketemu sama induknya, karena gW emang lagi ga mood lari waktu itu), masih ada ular katanya di camp gW, ada buaya sungai tuaba yang deketan ama camp 4 ~rada parno juga karena tempat buang hajat paling nyaman ada di deket tempat buaya biasa berjemur!~
kata orang, rusa itu dilindungi. tapi disini gW bebas mengonsumsi daging rusa ~baru sore tadi gW makan dendeng rusa, dan di camp 4 gW ngerasain dendeng rusa~, rasanya enak! teksturnya pertengahan antara sapi sama kambing dengan engga bikin tensi naik. gW masih penasaran sama daging kanguru ama kasuari! pertanyaannya : apa kita bisa makan daging rusa di jawa? lalu masih ada sarang semut yang mujarab dijadiin obat macem-macem dan sekilonya disini 60ribu, di jawa bisa lebih mahal kayanya ~gW udah bawa lumayan banyak~, juga ada akar kuning yang paitnya ngalahin obat antimalaria, gW abis minum dan katanya bagus buat nambah nafsu makan dan obat kuat jalan ~kebeneran, gW masih harus turun ke camp 5 besok~
penduduk papua tempat gW mapping terdiri dari berbagai suku : ada suku pendatang a.k.a transmigran dari SP5, bermuka jawa dan dominan dari mereka cakap berbahasa jawa. itu hal yang bikin gW ama anak-anak bertahan disini. suku ayamaru yang gW baca di literatur tadi sore adalah suku pendatang dari biak kalo ga salah, yang gW baca, mereka terdiri dari orang-orang berpendidikan (seenggaknya lebih berpendidikan dari orang-orang asli sini). mereka terampil dalam mengolah batang-batang kayu di alam. kalo yang bikin helipad nebang satu pohon dan satu pohon itu roboh, kalo sama orang ayamaru nebang satu pohon yang roboh empat pohon, mereka juga kuat-kuat.! termasuk dalam solidaritas dan persaudaraan. masih ada orang-orang horna, penduduk asli sini yang bermargakan iba atau duansiba, penghuni dataran beimes (tadinya gW kira beimes itu bymess sejenis mess tempat tinggal orang asli sini, gW tau setelah baca peta) yang masuk ke suku besar mensi, mereka yang kita andalkan buat buka jalur karena mereka yang paling paham seluk beluk hutan sini, dan paling paham batas wilayah kesukuan.
berbicara tentang masalah kesukuan, yang paling riskan disini adalah batas wilayah antarsuku. daerah yang gW petakan disini termasuk ke dalam suku mensi, di timur ada suku tiri, dan di barat ada suku tembuni. helipad yang gW bikin ada di batas mensi-tiri, kemaren ada orang tiri masuk sini, dan ngingetin biar kita engga nginjekin kaki di tanah mereka sebelum permintaan kepala suku yang bilang kalo mau masuk disana harus sedia panjer 200 juta. udah ada parang nempel di lehernya revi, anak minyak ITB yang ditugasin perusahaan bikin helipad buat negasin hal itu, dan kalo sampe ngelanggar mereka siap-siap narik busur panah.
~yang gW rasa gW sempet nginjekin kaki di tanah suku tiri, karena engga ada jalan, melulu tebing!~
keren kan? di jawa engga ada kan?

Tidak ada komentar: