26 Juni 2011

1 mei 2011 – jalanin aja, kill...

apa yang gW lakuin untuk mengisi akhir minggu yang membosankan di camp? demi nama sebuah ketidakpastian akan datangnya keluarga ayamaru yang belum jelas naiknya kapan maka dengan sangat rendah hati gW memutuskan buat turun ke camp 4, sungai tuaba yang diitung jarak lurus pake gps tuh 5,7 km dan ditempuh dalam waktu sekitar 5 sampe 6 jam jalan kaki.

cerita berawal dari keluarga ayamaru yang ngejanjiin buat dateng ke camp 7 hari kamis, dan ditunggu sampai jumat sore masih belum dateng juga, sementara anak-anak korlap udah siap-siap buat survei ke camp 8, yang gW tau hari ini jaraknya 3,36 km ke arah utara. berhubung gW bete di camp dan pengen ngerasain suasana liburan di camp 4 maka gW membuat perencanaan : berangkat sabtu siang - minggu pagi istirahat (barangkali sambil mancing ikan di tuaba, dan ngasih wejangan sama pasukan UNDIP yang direncanakan dateng hari minggunya) – senin pagi naik lagi ke atas dengan target bawa 7 orang dari keluarga ayamaru buat bantuin kita lansir bama dari camp 7 ke camp 8 – selasa moving ke utara sesuai perencanaan.

dan sesampainya di camp 4, gW disambut dengan surutnya sungai tuaba sama mas dion dengan nutrisari yang kalo dingin itu enak (mas aat, koki satunya bilang warung sebelah lagi tutup, jadi engga bisa beli es J), serta beberapa kabar diantaranya :
-       siapin 7 orang ayamaru buat hari minggu pagi turun ke camp 3
-       siapin gps buat tim UNDIP
-       siapin laptop bekas pake ITB buat dipake anak UNDIP

sesuai perencanaan, gW nyiapin pesen nomer 1 ama dua yang masuk beberapa hari sebelumnya, bagusnya pesen nomer tiga baru masuk di hari gW nginjekin kaki di camp 4, dan dikasihinnya di camp 4 pula. ~gW kaga ngerti, yang salah gW atau orang perusahaannya, bisa-bisanya perusahaan kaga ngasih laptop sama gps ke tim UNDIP, bayangkan!~

siang hari gW rapat sama keluarga ayamaru, minta mereka dibagi tiga sesuai perintah, mereka bilang bakalan dirapatkan dahulu. gW sesorean itu ngabisin waktu ngobrol sama karyawan trans yang rencananya dibagi buat tim UNDIP, gW berangkat dari camp 7 ke camp 4 bareng mereka, juga becak yang suntuk semingguan bengong di camp. malam harinya pas gW kelar makan malem, lanjutin rapat sama orang ayamaru yang intinya memberikan keputusan yang mengejutkan : mereka engga mau dibagi dengan alasan daerah yang akan mereka tempati nantinya masih belom dapet ijin sama yang punya wilayah, khawatir akan keselamatan antara satu dan yang lainnya.

dan gW pusing.

malem itu mereka ngajuin opsi buat turun semua ke camp 3 minggu paginya, buat nanya sama orang perusahaan bagaimana urusan perijinan sama wilayah seberang sungai, oke! gW iyain, dan gW semangat buat turun ke camp 3 karena katanya di puncak perjalanan camp 4 – camp 3 ada sinyal im3, oh mak! bayangkan! ada sinyal!

dan minggu dini hari hujan pun turun... sungai tuaba meluap... rencana gagal...
pagi-pagi, rapat lagi.! intinya dari keluarga ayamaru engga mau dipisah, dan orang lokal juga berpengaruh sama mereka yang ga mau dipisah, aslinya gW cuma butuh 7 orang buat bantu tim gW, tapi mereka keukeuh minta 15 orang naik buat bantu gW di camp 7 pindah ke camp 8. intinya mereka baca orang lokal yang wira-wiri balik ke camp 3 buat ke kota dengan berbagai alasan seperti sakit macem-macem, apalagi sabtu sore ada orang lokal yang ke nyeberang tuaba, tapi engga lewat camp 4, dikira mereka takut ngelewatin camp 4 yang katanya masuk wilayah yang belom dapet ijin, otomatis itu bikin mereka tambah khawatir.
sebenernya kekhawatiran itu engga didasarkan pada fakta yang jelas, jelasnya orang-orang asli sini jadi kompor mereka buat engga dipisah, tujuannya menurut hipotesa gW adalah biar perusahaan merekrut sebanyak mungkin orang lokal biar sama-sama dapet duit, atau nunda pekerjaan sampe tanggal kontrak habis dan mereka dapet duit dari absen harian. tapi hipotesa hanya sebatas hipotesa, gW disini menghormati batas wilayah punya yang dimiliki oleh masing-masing suku atau keluarga. dan tanah suku mensi yang gW tempatin ini ternyata engga cuma punya satu kepala suku, tapi ada 3 kepala suku, dan yang gW lokasiin buat mapping yang udah tembus dan aman buat dijelajah.

faktanya : orang-orang yang turun karena sakit itu orang-orang lokal punya gW, dan 2 orang yang sakit. satu orang baru sembuh TBC sebulan lalu dan masih ngeluh sakit dada, satu lagi gW kaga tau kenapa dan satu lagi turun buat balik ke bangku sekolah karena masa liburan sudah usai. dan buat orang-orang yang nyeberang sungai tapi engga lewat camp 4, mereka aslinya bawa daging rusa yang dibawa sama mas imam, karyawan yang dikasih daging rusa sama sebnath, karyawan lokal yang papasan dari camp 4 ke camp 7 dan hari kemarennya jalan ke camp 4 buat nyari si tobias, kakaknya yang semalem ilang di hutan, dan waktu kita papasan mereka lagi motongin rusa yang kena jerat. pas mas imam ketemuan sama orang lokal di camp 5, mereka nawarin buat bawa sampe ke camp 4, jadilah daging dibagi dua dan orang-orang lokal itu jalan belakangan, dengan cerdiknya mereka jalan nyeberang sungai tanpa lewat camp 4 dengan tujuan daging rusanya engga diminta. ~silakan simpulkan sendiri seperti apa kehidupan disini...~ dan itu yang jadi dasar keluarga ayamaru engga mau dibagi-bagi karena kompor dari sana-sini.

pagi tadi, 15 orang pindahan dari camp 4 ke camp 7, lima koma tujuh kilometer lagi, buyar sudah niat berlibur di sungai tuaba, bayangan mancing ikan dan makan ikan segar hanya tinggal khayalan yang hanyut oleh luapan sungai tuaba pagi itu. realita yang mesti dihadapi adalah tanjakan yang orang bilang sebagai tanjakan gunung patah hati yang amit-amit medannya! tanjakan hampir vertikal yang dibagi jadi tiga stage, sepanjang 200 meter garis lurus gps, silakan kalikan dengan rumus trigonometri untuk dapatkan jarak realnya. masih ada turunan dari camp 6 yang orang bilang turunan aduh mama, hampir sama elevasinya dengan tanjakan gunung patah hati, yang beda cuma 1 stage aja buat sampe ke camp 7.

jalan terus dan ngebatin : ah! beginikah jalan hidup seorang geologis yang dari pBg dijanjiin cuma buat mapping, bawa badan, semua beres, dan ternyata ceritanya jadi berwarna-warni.
yang gW inget cuma satu kalimat yang pernah diomongin sama si ubun...

jalanin aja, kill..

emang harus dijalanin kan bun? masa gW harus diem aja?