26 Juni 2011

10 mei 2011 – ceritanya pak koki

masih di camp 8, setengah dua  siang dan ketimbang bengong gW niatin aja buat nulis-nulis. siang ini gW di camp sama 7 manusia berstatus junior geologis dan satu manusia berstatus koki yang siang ini dimasakin nasi goreng campur kecambah kacang ijo yang kalo dimasak beberapa minggu lalu jadi bubur kacang ijo yang bergizi tinggi. tapi saking engga ada waktu buat masaknya tu kacang ijo tumbuh dan berkembang menjadi kecambah dan layak buat dimasak, saking abisnya lauk dan masih nunggu kepastian kapan bama dikirim via helikopter di camp 7.
gW pengen cerita pengalamannya pak koki yang sekarang tinggal sama gW dan anak-anak, ga jauh-jauh dari pengalaman hidupnya yang mungkin gW bisa mulai dari masalah cinta. dulu, dia pernah punya tunangan dan udah mutusin buat nikah setaun kemudian. sebulan jalan, bakal calon istrinya dilamar orang dan nikah besoknya. bayangin aja elo udah punya tunangan dan besoknya tunangan elo nikah sama orang lain.
pak koki pun dengan penuh inisiatif dateng ke rumah mempelai, semua keluarga pihak calon istri udah jaga-jaga barangkali pak koki bakalan ngamuk di rumah hajatan. apa yang terjadi? dengan sangat bijak pak koki masuk lewat pintu belakang, apa yang dia lakukan? minta makan!
katanya sih dia kelaperan karena belom makan dari pagi dan berhubung di tempat hajatan makanannya pasti enak-enak maka dia memutuskan untuk makan sampai kenyang.. oh betapa gokilnya.! kemudian setelah kenyang, dia segera menuju ke tempat ijab kabul di depan ~kebetulan dia kedepan persis sebelom ijab kabul dimulai~ dan dengan tanpa emosi dia ngomong ke keluarga calon istrinya, apa kalo orang udah tunangan besoknya dilamar orang langsung diterima tanpa ngomong ke yang udah ngelamar sebelumnya itu etis? dan keluarga bakal calon istri cuma bisa bengong dan ngeliatin aja. ~mungkin buat pasangan suami istri yang hari itu merit, hari itu bakalan jadi hari engga terlupakan~
selepas dari rumah bakal calon istrinya yang hari itu merit, pak koki pulang dengan perasaan kenyang dan ~mungkin~ ikhlas, pake mungkin soalnya dia abis dari rumah si bakal calon, dia nabrak babi yang nyelonong nyeberang jalan. katanya bawa motornya lumayan kenceng dan pas jodoh sama babi yang nyelonong gitu aja. masuklah dia ke rumah sakit dibawa sama temennya yang ngikutin dari belakang, khawatir kejadian apa-apa dan emang kejadian.
yah... baru sebagian kecil ceritanya, pesan moral yang bisa ditangkep adalah bagaimana kita mengikhlaskan sesuatu hal, apapun itu, meskipun itu tadinya milik kita. percaya aja, walaupun kehilangan pasti akan ada ganti yang lebih baik lagi. jaga hati, jaga emosi, jangan sampe nabrak babi dan satu lagi : walopun tunanganmu diembat orang, jangan lupa buat dateng ke tempat hajatannya tunanganmu buat makan! pasti enak-enak! J
jadi inget kata-kata lama : jangan engkau mengikatkan dirimu pada suatu hal, apapun itu. karena saat kamu kehilangan suatu hal itu, kamu tidak akan kehilangan apa-apa.

Tidak ada komentar: