26 Juni 2011

27 april 2011 – pagi, asap dan memorabilia langit sore

pagi ini dingin, kebangun dan liat tanah di sekitar basah, langit mendung dan gW ga tau jam berapa hujan turun semalem. anak-anak masih pada tidur, beberapa udah pada bangun buat buang hajat dan subuhan ~subuhan disini jam 6, yah masih tepat waktu lah kalo diitungnya pake WIB, hehehe..~ beberapa karyawan udah bangun dan sisanya masih pada ngruwel di selimut atau kantong tidur, dinginnya lumayan!
yang paling pagi bangun disini adalah pak koki yang udah masak air buat bikin minum, masak nasi dan lauk buat sarapan, asap dari tungku ngebul, beberapa mendekat untuk berdiang, lumayan bikin anget walaupun asapnya nusuk mata. gW? memilih buat buka laptop, ngetik sambil nunggu nasi matang, ditemenin home sweet home-nya motley crue.
teringat hari kemarin di helipad, dimana gW ngobrol sama warga lokal pas lagi males di tenda sama anak-anak yang pada main kartu sepanjang hari, ngeliatin sore, ngeliatin birunya langit dan hijaunya hutan papua. ngobrolin banyak hal dan beberapa diantaranya yang bisa gW rekap : kebanyakan orang kampung sini ~gW nantinya bakal ditemenin sama warga kampung horna~ paham sama seluk beluk hutan karena dari kecil mereka main di hutan, dan bergaul sama hutan.
gW engga mungkin membahas teori subduksi sama mereka, dan gW cuma bilang kalo gW kangen sama keluarga gW sambil nunjukin foto dompet si oNenk sama nyokap gW pas lagi main di salah satu fotobox di bDg. gW ngobrol sama abang yang gW lupa namanya, tapi kata anak-anak dia sarjana ekonomi salah satu universitas swasta di jGj ~what the?~ kabarnya dia nyambi kerja jadi karyawan lokal di project ini sambil nunggu panggilan sekitar bulan oktober depan. kemaren baru daftar di kepegawaian tapi ternyata belum ada lowongan buat sarjana ekonomi.
tentang dominasi pola hidup masyarakat papua, mereka kebanyakan nikah di usia dibawah 20 tahun, si abang yang gW tau angkatan 2006 dan lulus kemaren udah punya anak 3 ~heii gW angkatan 2007, udah semester 8 masih belom kepikiran judul skripsi! jangankan buat mikir anak, single aja udah menahun (baru setahun lebih si..)~ gW tanyain kenapa nikah cepet? dia jawabnya mumpung masih bisa dan masih keburu nikah, dia nikah taun 2007 lalu dan gW godain aja : asik ya bang, bisa nikah muda! kalo anak-anaknya udah gede abang masih keliatan muda, dan dia cuma nyengir aja.
biaya nikah disini mahal, gW dan anak-anak pernah ngobrol sama braweri yang baru aja nikah dan sekarang istrinya lagi hamil 3 bulan. kabarnya mahar buat nikah disini dihitung dari kain dengan mata, nilai yang dihitung tergantung panjang kainnya. kalo ga salah, kalo panjangnya sampe lutut nilainya 50 juta, kalo sampe betis 75 juta, kalo sampe mata kaki 100 juta, dan kalo sampai lantai bisa sampe 150 juta. itu baru mahar, belom tetek bengek lainnya ~gW ga inget terlalu banyak dan kalo nyampein kebanyakan juga khawatir salah~.
intinya kalo biaya kawin segitu di jawa udah bisa buat foya-foya, kayanya bisa buat sewa gedung terbesar di gB dan bikin undangan sebanyak yang kita bisa. dan juga bisa dapetin gadis jawa yang secara selera gW pasti lebih gW pilih ketimbang gadis papua. ah, rumput tetangga memang lebih hijau, hujan emas di negeri orang hujan batu di negeri sendiri, dan yang terbaik memang negeri sendiri.

Tidak ada komentar: